Showing themes that are Seo, fast loading, light, fresh and professional.


    
    1.      Apa perbedaan Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam dan Sejarah Peradaban Islam!
    2.      Bagaimana fungsi Baitul Mall pada masa Nabi Muhammad SAW?
  3.      Mengapa khalifah Abdul Malik Bin Marwan mendeklarasikan uang Islam pada masa kekhalifahannya?
   4.      Sebutkan salah satu pemikir ekonomi Islam pada masa klasik/pertengahan/kontemporer beserta pemikirannya!
    5.      Sebutkan salah satu tantangan ekonomi Islam di Indonesia beserta solusinya menurut Anda!

JAWABAN

   1.      Perbedaannya yaitu:
Pemikiran ekonomi islam itu berakar pada ide mengenai pemikiran, tujuan serta nilai-nilai yang di salurkan melalui ilmu dan agama suatu masyarakat
Sedangkan sejarah peradaban islam berakar pada ide tentang kemajuan materiil, penataan sosial serta kemajuan lainnya.
   2.      Fungsi Baitul Maal pada masa Rasulullah SAW yaitu untuk mengatur setiap harta benda kaum Muslim seperti harta rampasan perang, zakat, jizyah, wakaf dll, dan juga untuk memberi gaji para khalifah.
   3.      Karena pada masa Rasulullah SAW dan khalifah Abu bakar mata uang yang dipakai sebagai alat tukar atau alat bayar yaitu mata uang romawi dan persia. Dan mata uang tersebut pada masa Umar bin Khatab telah banyak yang rusak. Maka dari itu, khalifah Abdul Malik bin Marwan mengeluarkan mata uang baru yang disebut mata uang islam. Kebijakan ini dilakukan karena ingin membedakan mata uang kristen dengan islam. Karena pada mata uang sebelumnya terdapat simbol kristen dan zoroaster.
  4.      Pandangan Abu Ubaid merefleksikan perlunya memelihara dan mempertahankan hak dan kewajiban masyarakat, menjadikan keadilan sebagai prinsip utama dalam menjalankan roda kebijakan pemerintah, serta menekankan rasa persatuan dan tanggung jawab bersama. Disamping itu, Abu Ubaid juga secara tegas menyatakan bahwa pemerintah wajib memberikan jaminan standar kehidupan yang layak bagi setiap individu dalam sebuah masyarakat muslim. Abu Ubaid mengatakan bahwa penerimaan negara (fai',khumus, shadaqah dan zakat) wajib dikelola negara dan mengalokasikannya kepada masyarakat.
   5.      Tantangan ekonomi Islam di Indonesia salah satunya yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat tentang perbedaan ekonomi islam dengan ekonomi konvensional. Masalah itu menyebabkan kurangnya perkembangan ekonomi Islam di Indonesia dan sulitnya para pakar ekonomi Islam dalam mengembangkan perekonomian di Indonesia dengan prinsip Islam.
Dan solusinya yaitu memberi pengetahuan yang lebih tentang ekonomi Islam kepada masyarakat agar mereka lebih mengetahui tenntang ekonomi Islam dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Related Posts

Hidup untuk dinikmati guys, santuy dan tetap bahagia, simpel person dan cinta damai.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    1 Response to "Contoh Soal dan jawaban Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam"

    1. According to Stanford Medical, It's in fact the one and ONLY reason women in this country live 10 years more and weigh on average 42 lbs lighter than we do.

      (And really, it really has NOTHING to do with genetics or some secret diet and absolutely EVERYTHING to do with "HOW" they are eating.)

      P.S, I said "HOW", and not "WHAT"...

      CLICK on this link to see if this little quiz can help you unlock your true weight loss possibility

      ReplyDelete

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel