Showing themes that are Seo, fast loading, light, fresh and professional.

C. SUMBER DANA PIHAK KEDUA
1. Pasar Uang
Pasar Uang atau interbank market adalah pinjam meminjam antarbank yang dilakukan oleh bank-bank komersial dalam rangka memenuhi kebutuhan lkuiditas atau untuk memanfaatkan dana agar tidak terjadi idle fund. Agar bank yang membutuhkan dana memanfaatkan pasar uang antarbank, maka sebelum melakukan transaksi di pasar uang, harus ada perjanjian terlebih dahulu yang disepakati oleh masing-masing pihak, terutama bagi bank yang membutuhkan dana (peminjam) harus mendapat money market line dari bank yang akan memberikan pinjaman atau menempatkan dana pada bank peminjam. Money market line adalah fasilitas yang diberikan oleh suatu bank kepada bank lain untuk meminjam sejumlah uang tertentu melalui fasilitas pasar uang antarbank. Fasilitas yang diberikan ini berbeda dengan fasilitas kredit, dalam fasilitas money market line ini difatnya uncommited artinya tidak mengikat seperti dalam pemberian kredit. Artinya jika bank yang memperoleh fasilitas membutuhkan uang segera, maka tidak secara otomatis bank tersebut akan mendapat dana melalui pasar uang antarbank, pemenuhannya tergantung pada saat negoisasi dan tersedia atau tidaknya dana pada bank yang memberikan fasilitas money market line tersebut.
Jangka waktu pasar uang antarbank dapat bervariasi sebagai berikut:
0/N atau overnight : penempatan/peminjaman yang berjangka waktu satu malam.
0/W atau one week : penempatan/peminjaman yang mempunyai jangka waktu selama satu minggu.
0/M atau one month : penempatan/peminjaman yang mempunyai jangka waktu selama satu bulan.
3/Ms atau three months : penempatan/peminjaman yang mempunyai jangka waktu selama 3 bulan.
6/Ms atau six months : penempatan/peminjaman yang mempunyai jangka waktu selama 6 bulan.
0/Y atau one year : penempatan/peminjaman yang mempunyai jangka waktu selama satu tahun.



Perhitungan Bunga Pasar Uang
Pada umumnya terdapat 2 cara perhitungan:
1.    Simple Interest
Dalam cara ini yang dihitung adalah besarnya bunga yang akan diterima oleh lender, dengan rumus:
Bunga =   (N x I x T) : 360

Dimana
N = nilai nominal
I = Tingkat suku bunga (interest rate) per tahun
T = jangka waktu dalam hari (lamanya penempatan dana)
360 = satu tahun dihitu 360 hari

2.      True Discount
Berbeda dengan perhitungan simple interest method, dalam True discount yang dihitung adalah nilai tunai (proceeds) dari surat berharga yang diperjual belikan, dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
Procceds = (N x 360) : (360 + (T xI))
Dimana :
N = nilai nominal (principal)
360 = I (satu) tahun dihitung 360 hari
T = Jangka waktu surat berharga
I = tingkat bunga yang berlaku pertahun

a.       Peserta pasar uang
Pihak-pihak yang memanfaatkan keberadaan pasar uang baik untuk memenuhi likuiditasnya, lender untuk mendapatkan bunga dengan menerbitkan instrumen pasar uang dalam rangka mengoptimalkan manajemen dananya di antaranya adalah:
a.       Perorangan
b.      Perusahaan-perusahaan besar seperti MNC
c.       Lembaga keuangan
d.      Bank-bank komersial
e.       Bank sentral
Setiap pihak-pihak tersebut diatas yang memanfaatkan keberadaan pasar uang mempunyai tujuan yang berbeda, bagi yang kelebihan untuk memaksimalkan pendapatan agar tidak dana yang idle atau menganggur walaypun hanya satu malam, karena bila terjadi idle fund berarti bank tersebut telah kehilangan kesempatan untuk mendapatkan bunga atau mengurangi biaya atau dana yang idle tersebut bagi yang kekurangan likuiditas dapat memanfaatkan fasilitas pasar uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan likuiditas, dalam rangka menjaga kepercayaan bank erhadap nasabahnya. Karena jika hal tersebut tidak dapat dipenuhi tepat pada waktunya dapat mengakibatkan bank tersebut akan menderita kerugian yang lebih besar, bahkan dapat distop untuk sementara dalam transaksi kliring oleh bank sentralnya.

b.      Instrumen pasar uang
Warkat atau instrumen yang pada umumnya diperjual-belikan dalam pasar uang antarbank di indonesia saat ini baru terdiri atas beberapa jenis yaitu:
a.       Sertifikat deposito berjangka
b.      Call money
c.       Comercial Paper (CP)
d.      Promissory Notes (PN
Sedangkan instrumen pasar uang diperjual belikan oleh lembaga keuangan atau perbankan dunia lebih banyak lago variasinya, yaitu jenis surat-surat berharga yang diterbitkan oleh lembaga-lembaga milik pemerintah, perbankan internasional dan bank sentral suatu negara, yang pada umumnya berjangka waktu pendek seperti:
a.       T-Bills (Treasury Bills)
b.      Certificate of Deposits
c.       Commercial Paper
d.      Bills of Exchange
e.       Banker’s Accetance
f.       Revolving Under Facility (RUF)
g.      Not Issuance facility (NIF)


2.      Pasar Modal
Pasar modal merupakan sumber dana yang berasal dari surat-surat berharga yang berjangka panjang seperti penerbitan saham dan obligasi. Secara spesifik pasar modal dapat diartikan sebagai tempat diperdagangkannya surat-surat berharga, tempat dalam arti disini adalah bursa efek. Di indonesia Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya serta Bursa Paralel.
Sedangkan menurut Undang-Undang pasar modal indonesia No.8 tahun 1955 pengertian pasar modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.
Sumber dana bank yang berasal dari emisi saha merupakan sumber dana murah dan paling aman untuk menjaga likuiditas bank, karena bila ditinjau dari segi biaya sumber dana ini tidak menimbulkan beban biaya tetap sebagaimana sumber dana masyarkat atau dana pihak ketiga lainnya.
Sumber dana pihak kedua lainnya adalah obligasi atau bonds, yaitu bukti utang yang diterbitkan oleh bank kepada para krediturnya. Obligasi diterbitkan untuk jangka waktu yang cukup lama, lebih dari satu tahun. Biasanya bisa mencapai diatas 10 tahun.
Instrumen pasar modal pada umumnya terdiri dari
a.       Saham (share)
b.      Obligasi (bonds)
Kedua jenis surat berharga tersebut merupakan instrumen utama dipasar modal, sedangkan jenis-jenis atau derivatif dari warkat tersebut sangat banyak sekali. 

Related Posts

Hidup untuk dinikmati guys, santuy dan tetap bahagia, simpel person dan cinta damai.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Contoh Makalah Sumber Dana Pihak Kedua"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel